Sukses pendidikan tidaklah hanya diukur dari kualitas gedung dan mahalnya biaya, namun lebih dapat dirasakan dari apa yang diterima oleh anak-anak agar mereka bisa tumbuh sesuai dengan potensi yang dimiliki dan berkembang sejalan dengan tuntunan agama. Karenanya kehadiran sekolah tidak hanya ditujukan untuk mengembangkan potensi akademik semata tetapi juga melejitkan potensi-potensi kepemimpinan, kewirausahaan dan kemandirian yang terbingkai dalam religiusitas, kedekatan dengan nilai agama.
Pengembangan potensi-potensi tersebut dilaksanakan oleh SDIT Anak Sholeh 2 Mataram dalam suasana sekolah bernuansa alam dengan harapan anak-anak dapat secara optimal mengembangkan dirinya selaras dengan alam dimana ia berada.
“ Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar “. (QS. An Nisa’ : 9)
"Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa di antara kamu." (QS 49:13)
"... Niscaya Allah akan meninggikan orang yang beriman di antara kamu dan orang yang menuntut ilmu dengan beberapa derajat." (QS 58:11)
"Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." (QS 2:30)
Berdasarkan tiga acuan di atas, Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Sholeh 2 Mataram mengembangkan 3 aspek utama yang ingin dicapai selama siswa menempuh pendidikan Cerdas, Kreatif, Bertaqwa.
Visi :
Membentuk generasi Cerdas, Kreatif, Bertaqwa
Misi :
1. Mewujudkan budaya sekolah yang religius dalam mencetak siswa yang memiliki aqidah dan akhlak yang benar serta kesadaran beribadah yang tinggi.
2. Mewujudkan proses pembelajaran yang efektif sehingga siswa mencapai ketuntasan belajar dan diterima di sekolah favorit.
3. Merealisasikan kegiatan siswa yang variatif dalam membentuk kemandirian, kreatitivitas dan jiwa kepemimpinan.
4. Mewujudkan partnership rumah-sekolah yang kokoh dan berkesinambungan dalam membangun karakter dan prestasi siswa.
5. Mewujudkan dan membangun manajemen sekolah yang handal.
6. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, sehat dan bersahabat.
7. Mewujudkan sumber daya pendidik dan kependidikan yang kompeten dan professional.